Kelas Ribut Gak Bikin Mati Gaya ;D

Tau gak sih? Tau gak sih? Tau gak sih? (ya ga lah! ditanya mulu bukannya ngasih tau) gue baru saja menjelma jadi guru, tepatnya sejak kamis 3 minggu lalu (22092011). Kok bisa manusia setakberdaya gue in menjadi seorang guru? Sampe sekarang gue juga engga ngerti dan masih menganggap ini semua halusinasi, tapi begitu di suatu siang ada seorang anak SMP berteriak "Ayo, Mbak mulai kelase! Selak pengen pulang!" gue langsung tersadar detik itu gue (sedang) menjelma jadi guru.

Semua berawal dari mendaftarnya gue di salah satu KBM atau ekskulnya fakultas gue, yaitu Community Service (Comserv). Saat seorang mbak yang mewawancarai gue bertanya motivasi gue ikut KBM itu, gue jawab, "biar dapet bayangan ntar kalo PPL gimana, Mbak." Sebelumnya gue kasih tau dulu ya PPL itu bukan nama partai, tapi..... hmhh wah gue amnesia apa kepanjangannya, haha! pokoknya itu sejenis PKL (Praktir Kerja Lapangan) atau bahasa kerennya Teaching Practicum. Jadi, motivasi gue ikut Comserv itu selain alasan klisenya untuk cari pengalaman, gue juga ingin dapet gambaran gimana sih ngajar itu? Biar ga kaget pas gue PPL ntar. Sebenernya gue gak ada pikiran jadi guru, malah waktu SD dari sekian banyaknya cita-cita gue, gue ga pernah nyebutin mau jadi guru. Tapi apa daya waktu membawa gue ke kampus ini dan terjebaklah gue ternyata kelak gue akan menyandang gelar Spd. Meskipun setelah lulus ga menutup kemungkinan dapet kerjaan laen selain guru, tapi bagaimanapun juga ada tahap dimana mengharuskan gue untuk mengajar kalau gue mau lulus kuliah, ya PPL! HORAS! *lohh* Dan akhirnya gue diterima jadi membernya Comserv.

Gue sebenernya ngincer ngajar anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sejenis playgroup gitu yang bocah-bocahnya masih polos, lugu, dan bisa ditipu daya, tapi gue malah kebagian ngajar anak SMP. Ya that's okay deh! Gue mikirnya kalo anak SMP aja bisa gue sikat, anak TK atau SD lewaaaattttt! (<--guru macam apa ini? ><) Mengingat gue orangnya masih engga pede-an ngomong di depan orang banyak walopun orang-orang itu adalah makhluk-makhluk kecil berseragam putih biru, alhasil gue ngajar berdua bareng temen gue, Grace. Lumayan, paling engga kalau gue salah ngasih translate-an kata yang mereka tanyain, gue bisa berkolaborasi sama Grace untuk menghindar dari timpukan gulungan kertas mereka.

Hari pertama gue ngajar, Kamis 22 September 2011, gue dapet ngajar kelas 8 E. Ada salah satu anak di kelas itu yang nyeletuk, "Sabar ya, Mbak! Namanya juga kelas E, Mbak! E-leekkk!" dan otak gue mencerna "Bertahanlah hidup, Mbak! Namanya juga kelas beringas!" Mati gue! *tepukjidat* Kenapa gue yang sekalem ini (zzz --") bisa dapet kelas sebrutal itu?? Cobaan apa ini yowoh?? Oke! Ya, memang seperti apa yang bocah itu celetukan kalau kelas 8 E ini memang kelas yang rusuh. Isinya ada 28 murid. Terbagi menjadi dua golongan, golongan siswa extrovert dan introvert. Sebenernya bukan sekedar ekstrovert tapi hiperaktif, hiperaktif tangannya, hiperaktif kakinya, hiperaktif mulutnya. Selama kelas berlangsung, entah sudah berapa kali gue menarik napas dalam-dalam buat nahan sabar, karena pas gue ngasih instruksi, tuh bocah-bocah asik sendiri dengan obrolannya. Rasanya detik itu gue ingin melempar bom atom yang berbentuk permen sugus ke mereka, biar mereka dengan antusiasnya nangkepin sugus yang akan membumiratakan kelas mereka beserta isinya. Untungnya ada titik dimana mereka capek ngomong dan ngedengerin gue dan temen gue ngasih penjelasan. Karena jatah ngajarnya cuma 1 jam, kita ngadain games aja. Mereka antusias. Gue dan temen gue antusias. Gue ngomong. Mereka ngomong lagi. Sampe akhirnya gue yang hilang kesabaran bilang, "Oke oke oke! Sssssuuuuuuuuuuuuutttttttttttttttttt! Biar kelasnya gak RUSUH, kita pakein peraturan!" begitu denger kalimat gue itu, salah seorang murid perempuan yang menjadi pelopor kebisingan kelas, yang badannya bongsor untuk anak seusianya, spontan nyautin "Wah, Mbaknya ngajak gelut kie!" (Baca: Wah, Mbaknya ngajak berantem nih!). Mendengar ada seorang murid yang ngomong gitu, gue langsung down dan merasa menjadi guru gagal. Gue pun langsung mengacungkan 2 jari tinggi-tinggi "Peaceeeee, Dekk!" sambil nyengir.

Bel pulang (akhirnya) berbunyi, seusai gue dan temen gue ngasih seplastik permen ke pemenang games, kita pulang. Sumpah! Kelas ini bener-bener ribut ngalahin kelas 5 SD yang semester lalu pernah gue observasi. Gue menggumam "Ternyata gini rasanya ngajar anak SMP, suara abis, mata panas, badan lemes, batin terguncang" *oke, lebay! :p* Tapi, that was totally fun! anak-anak yang rame itu engga bikin gue mati gaya waktu keabisan kata/bahan buat ngajar karena sibuk nenangin mereka. Gue pun belajar satu hal, untuk jadi guru yang baik sepertinya gue perlu memperbanyak kosakata yang mendidik atau "guru banget". Tinggalkan lengan baju mahasiswa, kenakan lengan baju guru *peribahasa mekso* dan gue pun berniat meminjam toa mesjid untuk bekal mengajar kamis berikutnya :D

Comments

Popular posts from this blog

Seragam SMA = Baju Jojon

Postingan Galau

Dua Mimpi untuk Salatiga