Aturan 30 Detik

Penulis terkenal, Les Parrott berkata, "Katakan sesuatu yang membesarkan hati seseorang dalam 30 detik pertama dala sebuah percakapan." Kebiasaan baik yang dikenal dengan "aturan 30 detik" ini sangat baik diterapkan dalam membangun hubungan yang bermakna dengan banyak orang. "Aturan 30 detik" akan menguatkan banyak hubungan.

Aturan 30 detik ini bersumber dari Melvin Maxwell, ayah John Maxwell yang adalah seorang rektor. John Maxwell mengisahkan bagaimana ayahnya menghidupi aturan 30 detik, "Bertahun-tahun yang lalu beliau menjadi rektor di sebuah perguruan tinggi, dan saya sering berjalan melintasi kampus itu bersama ayah. Beliau terus-menerus berhenti berjalan untuk mengucapkan hal-hal yang membesarkan hati para mahasiswa. Saat merasa tergoda memprotesnya, saya memandang wajah para mahasiswa dan saya sadar bahwa ayah telah menanamkan kata-kata baik ke dalam diri mereka. Orang tidak akan pernah melupakan dukungan semacam itu. Kemarin saya berbincang-bincang dengan ayah lewat telepon. Beliau dengan gembira menceritakan bahwa banyak mantan mahasiswanya yang datang dari segala penjuru dunia, mereka silih berganti datang ke Florida untuk menemuinya. Beliau tidak menyangkan mereka datan dari jauh hanya untuk menemuinya, tetapi saya tidak heran. 'Aturan 30 detik' yang ayah praktekan kepada setiap orang di setiap hari, telah kembali kepadanya dengan berlipat kali besarnya."

Ketika bertemu dengan seseorang, ambillah waktu untuk berpikir sejenak guna memikirkan hal-hal yang akan membesarkan hatinya, dan sampaikan itu dalam bahasa yang sederhana. Kata-kata itu bisa berisi ungkapan terima kasih untuk sesuatu yang mereka perbuat bagi kita, keluarga, atau teman terdekat kita; bisa juga memuji penampilan mereka yang baik; atau memuji kualitas kepribadian yang mereka tunjukkan. Hal ini tidaklah terlalu sulit, hanya membutuhkan usaha untuk mendisiplin pikiran agar mau melakukan "aturan 30 detik" secara teratur di banyak kesempatan.

"Aturan 30 detik" bisa menjadi obat bagi orang yang kita temui. Mary Kay Ash berkata, "Setiap orang punya tanda tak terlihat yang tergantung di lehernya. Tulisannya: Buat saya merasa penting!" Artinya banyak orang yang merasa suasan hatinya lebih baik tatkala kita memberi perhatian dan apresiasi atau penghargaan .

"Aturan 30 detik" memberi orang extra energi. Apakah kita menyadari bahwa ketika seseorang memuji kita, level energi di dalam kita meningkat, sedangkan ketika dikritik energi itu akan menurun? Sikap dan perkataan memang mempunyai kekuatan yang hebat!

Lingkungan seperti apa yang ingin kita ciptakan? Mulailah dari diri kita sendiri supaya ketika orang merasakan dampak positif dari sikap dan perbuatan kita, mereka terinspirasi untuk berubah ke arah yang jauh lebih baik!

Orang yang bijak membuat orang lain merasa mereka berada di jantung segala sesuatu, bukan di pinggir.

(Ams. 16:24; 25:11)
Manna Sorgawi -Senin,16 Mei 2011-

Comments

Popular posts from this blog

Seragam SMA = Baju Jojon

Postingan Galau

Dua Mimpi untuk Salatiga