Niners Red LoVED 2013!


Tadi pagi, jalan yang biasa gue lalui setiap pulang kuliah menuju kost ini seperti biasa lengang, hanya dilalui segelintir mahasiswa dan mobil. Tapi, beberapa hari yang lalu, tepat pada tanggal 17 dan 18 Januari 2013, mahasiswa-mahasiswi FBS (Fakultas Bahasa dan Sastra) dari angkatan paling muda sampai paling tua tumpah ruah di jalan yang sama. Mereka tidak hanya membanjiri jalanan yang tak seberapa lebar itu, tetapi juga memecah udara dengan teriakan yel-yel dari masing-masing angkatan. Ya, kejadian seperti ini hanya ada sekali dalam setahun pada sebuah event, LoVED.


LoVED adalah singkatan dari Loading Via English Days. Ini adalah salah satu event besar tahunan yang diadakan oleh FBS, diperuntukkan untuk mahasiswa/i FBS (Dosen-dosen juga ikutan lomba, lho. Gimana gak hebring kan? :D), dan event ini berlangsung selama 2 hari berturut-turut. Oleh karena hanya diadakan setahun sekali, setiap angkatan yang mengikuti event ini pastinya akan mempersiapkan dan memberikan yang terbaik pada setiap penampilan mereka.

Jadi, LoVED adalah ajang mahasiswa/i FBS untuk menunjukkan gigi mereka dalam mengikuti setiap lomba yang diadakan. Ada banyak aneka lomba menarik dan menantang yang telah dipersiapkan para panitia LoVED. Lomba-lomba tersebut hampir mencakup segala jenis inteligensi, mulai dari lomba yang mengadu kecerdasan otak seperti What’s On Your Mind, kecerdasan gerak seperti Dance, sampai kreativitas seperti Story Telling, Costume, Carnival, etc. Wah, pokoknya jos gandos kotos-kotos lah lomba-lombanya! :D Karena ada lomba, pastinya ada juri-juri. Para juri dari lomba-lomba di event ini tidak lain tidak bukan adalah para dosen FBS yang terhormat dan tercinta :*.

Yang paling menantang dari LoVED adalah bagaimana setiap angkatan berjuang demi memperebutkan sebuah most-wanted award, the best angkatan. Angkatan yang layak mendapat award the best angkatan adalah bukan hanya yang memenangkan banyak perlombaan, tapi juga yang kompak, team-worknya kuat, sehati, engga ngejek angkatan lain, dll (gue lupa kriterianya apa aja :p. Panitia mana panitia?). Dan, tahun ini, ada 5 angkatan yang mengikuti LoVED. Angkatan 2012, 2011, 2010, 2009, dan Old Stars (angkatan di bawah 2009 yang semangatnya still young! Hehe).

FYI, setiap tahunnya LoVED pun mengangkat tema yang berbeda-beda. Tahun ini temanya adalah “Love For Asia”. Dan setiap angkatan juga diberikan tema masing-masing. Dan, angkatan gue, 2009 (panggilan bekennya NINERS), dapet tema “Jepang”. So, we have to make everything related to Japan! ^^

Oh iya, lomba-lomba di event ini diselenggarakan di 2 tempat: BU (Balairung Utama) dan lapangan bola UKSW. Juga, jalan sepanjang gedung FBS menuju BU pun menjadi TKP dan saksi bisu kemeriahan karnaval pada saat itu. So, let’s see how we rocked LoVED 2013! :D



#Day 1: NINERS in Red




“WE ARE NINERS, BORN TO BE THE WINNER! AAW!”

“SHIKAKA!”

“GO.. GO.. NINERS! GO.. GO.. NINERS! YES YES YES!”

“KAMI INI NINERS MANIA, KAMI SELALU DUKUNG ANGKATAN. DIMANA KAU BERADA, DI SITU KAMI ADA, KARENA KAMI NINERS MANIA!”

Empat yel-yel di atas adalah yel-yel yang terus mengumandang dari bibir para Niners selama LoVED berlangsung. Dengan yel-yel tersebut lah kami membakar semangat dan mengalirkan bermilyar-milyar partikel semangat ke teman-teman yang mengikuti lomba (lebay kambuh :p). Ditambah pula dengan kaos kebangsaan berwarna merah menyala yang kami kenakan di hari pertama LoVED ini, semangat kami jadi makin terang ngalahin lampu Philips!

FYI, panitia LoVED menjatahkan tiap angakatan memakai baju berwarna beda-beda di hari pertama dan kedua LoVED. Dan, angkatan gue kejatahan pake baju warna merah di hari pertama dan hitam di hari kedua. See? we red LoVED day 1!!! :D


Semangat ini engga timbul begitu aja. Semangat ini lahir dari peluh dan mungkin keluh selama persiapan untuk LoVED, saat kami menyediakan waktu untuk membuat properti, latihan, mondar-mandir mencari bahan-bahan yang dibutuhkan, dll. Segala proses persiapan ini pun menjadi ajang kami PDKT satu sama lain. Weits, PDKT di sini buka sebuah fase sebelum jadian, tapi pendekatan sama temen-temen yang selama ini kurang deket :). Gak dipungkiri, meskipun kami satu angkatan, tapi kami engga begitu dekat dengan beberapa niners yang lain. Nah, pada saat persiapan ini lah kami mencoba berbaur dan menemukan rasa saling memiliki dan kekeluargaan diantara niners. Lalu, lihatlah betapa ajaibnya efek kedekatan yang timbul dari kerinduan hati itu. Kira-kira ada lebih dari 60 niners yang turut meramaikan karnaval di hari pertama dan kedua. Wow! Pasalnya, selama 3 tahun berturut-turut kita mengikuti event ini, karnaval 2009 biasanya sepi, ekornya pendek, suara yel-yelnya kebanting sama angkatan lain, pokoknya menyedihkan lah. Tapi, kali ini, you successfully rocked LoVED, guys! Super mega giga keren! :D





Jadi, LoVED hari pertama ini dibuka dengan rombongan karnaval dari semua angkatan. Karnaval ini berlangsung sekitar pukul 8 pagi. Rutenya pun sangat singkat, cuman dari gedung F (gedung FBS) sampai ke BU. However, karnaval tetap berjalan sukses, seru, rame, heboh, binti keren gilaaaak!


Niners pun berada di urutan pertama dalam karnaval ini. Para pasukan merah dengan beraneka properti berbau Jepang juga sudah berbaris rapi dan siap meneriakkan yel-yel. Ditambah pasukan dramblek yang siap beraksi menabuh gentong-gentong mereka, menjadi musik pengiring senandung yel-yel kami. Lebih spesialnya lagi adalah di barisan paling depan dari rombongan niners, berdiri manis sepasang maskot berkostum kimono khas Jepang. If you were there, you would feel the euphoria filled the air so much! :D


Kami terus menyanyikan yel-yel kami dengan lantang sepanjang jalan dari gedung F sampai BU. Rasanya pita suara ini telah disewa seharga semilyar untuk terus berteriak, demi niners. Serak bareng-bareng, seneng bareng-bareng. Dan, semesta merekam semua kejadian ini. Ketika melewati jalanan tersebut beberapa hari setelah LoVED berakhir, bahkan beberapa tahun mendatang, rekamannya akan terputar, karena kejadian ini adalah sebuah kebanggaan.

Salut sama niners yang terlibat dalam penggarapan properti, maskot, make-up, dan kostum untuk karnaval ini karena hasilnya keren-keren banget dan kreatif tingkat olimpiade! :D. Salut berikutnya juga untuk tim dramblek yang nabuh perkusinya sepenuh tenaga dan cinta :3. Kalau gak sepenuh tenaga, suaranya pasti kayak ban gembos, kan? :D. Salut pula untuk seluruh keluarga niners yang ngeramein karnaval ini, sehingga ekor karnaval kita kini lebih panjang dari biasanya. Salut untuk kita semua pokoknya, karena teriakan-teriakan kita menyatu dan cetaaaaaaarr membahanaaaaa badai tsunami tanah longsoooor :D.

Selesai karnaval, semua angkatan memasuki BU dan bersiap mengikuti lomba-lomba yang ada. Singkat cerita, lomba demi lomba kami selesaikan dengan keren dan tambah kerennya lagi karena niners yang lain tetap duduk manis di dalam BU, melihat teman-teman yang lain berjibaku mengikuti lomba. Wah, gimana gak so sweet dan kompak kalo pemandangannya kayak begini! :D. Kekompakkan yang kayak begini nih yang jadi nilai plus untuk angkatan kita (Ya engga? Ya engga? :D). Pula, ada satu fakta spektakuler bahwa Niners emang the king of spelling bee, man! 4 tahun berturut-turut ikut lomba spelling bee di LoVED dan kita selalu memboyong gelar juara. Good job, guys! ;). Engga cuma teman-teman yang menjadi perwakilan angkatan untuk ikut lomba yang keren, tapi juga segenap kru di balik ataupun di depan layar yang telah membantu persiapan, and niners yang terus setia nonton dan mendukung, juga keren. Kita semua keren! Lalu, fakta yang gak kalah spektakulernya adalah kita sukses memerah-ratakan BU dengan kaos dan semangat kita! (Asikk! haha :D). LoVED day 1 pun berakhir ketika hari berubah senja.



#Day 2: NINERS in Black

Hari kedua LoVED. Semangat masih membara. Meskipun, kaos yang kami kenakan berwarna hitam, tapi kami tetap on fire meng-hitam-rata-kan LoVED hari kedua ini dengan semangat yang saking membaranya sampe gosong, jadi item-item kayak baju kami (ngeleeesss :p).

Hari kedua LoVED ini pun dibuka dengan rombongan karnaval tiap angkatan seperti di hari pertama. Yang menjadi pembedanya adalah setiap rombongan karnaval angkatan menyertakan beberapa orang mengenakkan aneka kostum berkaitan dengan tema tiap angkatan. Jadi, karnaval makin meriah dan kreatif! Niners sendiri dengan tingkat kekreatifan level 10 (versi Maicih) mengikutkan aneka kostum khas Jepang seperti sepasang maskot berkimono, 3 geisha, gadis berkostum gothic style, sampai karakter-karakter kartun Jepang kayak Nobita-Shizuka dan Hanamichi Sakuragi pun ada. Sementara niners lain yang engga pake kostum tetep kompak dengan mengenakan baju hitam atau ber-harajuku-style ria :D.





Sama halnya dengan hari pertama, kami menyelesaikan setiap lomba di hari kedua ini pun dengan apik. Apalagi saat ED Race, satu-satunya lomba yang diadain di lapangan bola UKSW. Supporter tiap angkatan udah melipir ke pinggiran lapangan dengan atribut penyemangat semacam galon, botol, kicrik-kicrik, dan suara nyaring pastinya. Dari tiap angkatan memberikan 5 orang korban ehh perwakilan ding untuk ikut lomba ini. Nah, 5 orang itu akan memakai semacam sepasang bakiak panjang yang dipakai bersama, kebayang kan gimana sulitnya mereka jalan barengan pake bakiak gitu? hehehe. Lalu, melewati pos demi pos yang berisi lomba kecil-kecilan, dan siapa yang terlebih dahulu sampai garis finish, itu lah yang menang. Sementara 5 orang teman kami berlomba di lapangan, niners lain gak berhenti mengumandangkan yel-yel di pingiran lapangan dengan lantang dan semangat. Meskipun begitu, kami harus puas dengan tidak memenangkan ED Race kali ini. Tapi, niners tetap menang di hatiku kok! :3 #eaaa.


Kekalahan kami di ED Race ini engga mematahkan semangat kami di LoVED ini, karena tujuan utama kami bukan cuma menjadi the best angkatan, tapi terlebih utama mengalahkan segala keegoisan kami dan menjadi angkatan yang solid dan kompak, paling tidak di LoVED terakhir ini, sehingga kemenangan itu sebetulnya telah kami dapat :').


Begitu ED Race selesai, ada kejutan! Ini benar-benar surprising! Gue pun hanya bisa tercengang saat itu, ketika seluruh niners tiba-tiba merapat ke tengah lapangan sepakbola, membentuk lingkaran besar, dan memadukan tangan-tangan kami, lalu berteriak. Gue kira kita bakal ber-gangnam style rame-rame di tengah lapangan, tapi ternyata tidak, hahaha. Lalu, LoVED hari kedua berakhir saat perut menjerit meminta makan siang.


Talent Night...

LoVED selama dua hari ini ditutup dengan Talent Night (TN). Jadi, Talent Night adalah salah satu bagian dari rangkaian acara LoVED yang berlokasi di BU. Seperti namanya, TN diadakan pada malam hari pukul 18.00 WIB. Di TN ini masing-masing angkatan akan menampilkan penampilan musik. Engga cuman itu, TN ini pun diramaikan dengan penampilan dari ED Dance (grup dance-nya FBS) dan ED Voice (grup nyanyinya FBS). Yang paling spesial adalah para dosen pun engga mau ketinggalan untuk memotong urat malu mereka dengan menampilkan penampilan musik dan drama mereka yang gokil abis malam itu! Selain akan ada penampilan-penampilan seru dari tiap angkatan dan para dosen, di TN ini juga akan diumumkan pemenang-pemenang lomba dan...... angkatan mana yang akan menjadi the best angkatan!

Pada TN ini pun saatnya ninerswan memakai setelan kemeja dan ninerswati mengenakan dress (engga enak ya panggilannya ternyata hehehe :p). Dan demi TN terakhir ini, I would enjoy being a "woman" for real :p.


Anyway, tiba saatnya untuk band niners perform di atas panggung dan niners yang lain berarakkan memadati bagian depan panggung karena kami siap untuk jingkrak-jingkrakan dan nyanyi bareng ^^. Dengan lantang bersama dentuman-dentuman musik yang harmonis, kami melompat dan menyanyikan "GO GO NINERS! GO GO NINERS! YES YES YES!" dengan nada lagu Aitakata-nya Jkt 48 yang kami rubah liriknya. Kalau LoVED and TN 2013 ini menjadi LoVED dan TN yang terakhir untuk kita, ayoook kita buat moment ini menjadi kenangan yang engga pernah kemana-mana, tetap ada di dalam ingatan, sampai kapanpun! :D. Senang rasanya bisa menghabiskan malam ini dengan berjingkrak dan bernyanyi bersama Niners. Ini semua pasti akan membekas di ingatan! Semua terekam dan tak pernah mati, guys! :')

Singkat cerita, niners berhasil memenangkan 6 perlombaan. CONGRATS! you guys RAWK! dan tiba saatnya kami akan mendengar pengumuman the best angkatan. Host dari TN ini meminta seluruh angkatan untuk berdiri dan menghadap ke belakang. Di bagian tribun atas BU sudah berdiri 4 ketua angkatan di depan sebuah karton yang masih tertutup. Karton pertama dibuka dan terlihat angka 2 di sana. Kami mulai menarik nafas. Karton berikutnya terbuka dan berisi angka 0. Lalu, karton ketiga inilah yang akan menjadi penentunya dan nafas kami tertahan. Saat perlahan karton di buka.... kami mulai harap-harap cemas dengan tetap optimis. Seraya terbukanya karton ketiga dan...... angka 0 berada di sana, teriakan kemenangan kami sontak pecah memenuhi BU.



Selamat, 2009! Ini pencapaian kita semua! Segala jerih payah selama ini tidak sia-sia. Tenggorokan yang nyaris radang karena terus berkoar-koar yel-yel pun terbayar dengan pencapaian ini. Terlepas dari semua jerih payah kita, doa-doa kita menyempurnakan segalanya, guys! Ingat kan setiap kali sebelum memulai karnaval kita selalu berdoa bersama :). So, we thank GOD for this victory! :)


Comments

Popular posts from this blog

Seragam SMA = Baju Jojon

Postingan Galau

Dua Mimpi untuk Salatiga