Mahasiswa Juga Harus Profesional

Pembaca sekalian, tolong toloooooongg jangan empet sama tulisan saya ya karena lagi-lagi postingan kali ini masih berkaitan dengan "TUGAS". Kayaknya gue perlu membuat label postingan khusus "edisi galau-in tugas" ><

Jadi, waktu gue lagi asik-asiknya online sambil ngerjain tugas *eh*, tiba-tiba terbersit sebuah kalimat di benak gue, "mahasiswa juga harus profesional." karena setelah dipikir-pikir dan diterawang-terawang (duit palsu kali ah -_-"), di saat mahasiswa tertimpa timbunan tugas, di situlah keprofesionalan mereka sebagai mahasiswa diuji. Dari sisi edukasi (cielaaah, merek es krim apa lagi tuh?), mahasiswa memang dituntut untuk kuliah termasuk ngerjain tugas gue rasa, lagijuga ga mau kan rugi udah bayar uang gedung muahal-muahal tapi kuliah cabut-cabutan?? Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk menjadi mahasiswa aktif semacam mahasiswa kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat) kalau engga mau disebut mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) atau mahasiswa kuda-kuda (kuliah dangdutan-kuliah dangdutan). So, mulai berlomba-lombalah para mahasiswa dalam mengikuti banyak kegiatan di kampus kayak join KBM, LK, atau kepanitaan event kampus, sehingga jam-jam kosong mereka di sela-sela jadwal kuliah akan terisi dengan aneka kegiatan tersebut. Jelas dong, hal itu bagus banget untuk ngembangin bakat dan pribadi mereka sendiri karena dunia kerja nanti akan lebih kejam, kawan! (apasih?! -_______-")

Lalu, dimana hubungannya tugas, mahasiswa kuda-kuda dkk, sama profesionalitas? Hubungannya terletak di bawah ketiak Anda *ehhhhh><*, oke oke kali ini serius. Jadi, hubungannya adalah sebagai mahasiswa dimana termasuk golongan educated people sudah pasti mengenal tanggung jawab dong dan sebagai mahasiswa moderen pastinya akan bertanggung jawab dengan segala hal yang mereka lakuin termasuk kuliah dan beragam kegiatan yang udah dipilih. Di satu sisi, kita bertanggung jawab dalam studi kita dengan ngerjain tugas yang bejibun, tapi di sisi lain kita juga punya tanggung jawab dengan kegiatan-kegiatan lain yang kita ikuti. Nah, di sinilah akan terlihat mana mahasiswa yang profesional dan yang tidak. Mahasiswa juga perlu profesional, coy! belajar profesional sebelum jadi artis. Menurut kamus gue, mahasiswa yang tetep jaga profesionalisme mereka adalah mahasiswa yang dapat mengimbangi studi dan kegiatan yang mereka ambil dengan sedapat mungkin mengusahakan yang terbaik (the best effort) sebagai wujud tanggung jawabnya sehingga baik studi ataupun kegiatannya dapat ter-handle dengan baik tanpa ada satu pihak pun  yang dirugikan/terbengkalai. Emang perlu ada hal-hal yang diprioritaskan dari sekian banyak hal yang menjadi tanggung jawab kita, tapi sekali lagi gue tulis gede-gede kata-kata "sedapat mungkin," "the best effort," dan "ga ada satu pihak yang rugikan." So, keprofesionalan kita sebagai mahasiswa benar-benar diuji di masa sulit (musim tugas) ini dan di situlah komitmen kita diuji pula (nah loh, jadi komitmen -,-") 

So, teman-teman, kita jangan membusungkan dada tinggi-tinggi hanya dengan menyandang julukan mahasiswa kura-kura, tapi banggalah jadi mahasiswa yang profesional juga, ya itung-itung belajar jadi artis lah *lohh*

Oiya, ciri-ciri mahasiswa yang keprofesionalannya dipertanyakan salah satunya adalah nyampurin urusan pribadi dengan kepentingan studi apalagi yang berkenaan dengan kepentingan kelompok atau bersama, so waspadalah waspadalah! *ting!* (<-- iklan curhat --")

Comments

Popular posts from this blog

Seragam SMA = Baju Jojon

Postingan Galau

Demam Itazura na Kiss, Mischievous Kiss: Love in Tokyo