Jangan Cepet Puas! Tabiat Manusia

Bicara soal kepuasan, manusia yang memang dasarnya terkenal dengan istilah "engga pernah ada puasnya" memang tidak bisa dipungkiri kalau istilah itu benar adanya dan gue rasakan. Pastinya ada banyak jenis kepuasan, gampangnya kita bagi dua aja, kepuasan dalam hal positif dan negatif. Saat ini gue prefer untuk bahas yang positif aja kayak yang lagi gue rasain banget nih. Kepuasan dalam hal positif ini contoh gampangnya ketika kita berhasil dapet nilai B di satu matakuliah yang susahnya amit-amit cuih-cuih dan di antara seluruh mahasiswa di kelas itu yang apes nasibnya dapet D dan E semua. Nah, jangan cepet puasnya adalah pertama pastinya bersyukur dulu dong udah dapet nilai paling ajib sendiri, yang kedua adalah jangan cepet puas karena masih ada AB di atas B dan masih ada A di atas AB. Kepuasan seperti ini bertujuan agar supaya kita tidak cepat puas lalu santai-santai dan merasa sudah nyaman di posisi tersebut, tapi untuk memacu semangat kita untuk mendapat yang lebih baik lagi karena siapa tahu Tuhan sudah kasih kapasitas kemampuan kita untuk masih bisa mendapat yang lebih baik dari itu. Jadi, teruslah bermaksimal!

Di sini, di kamar kos kotak yang ukurannya kayaknya ga nyampe 3x4 tapi 3x3.5 ini, gue sedang merasa tidak ada apa-apanya. Apa yang sedang gue kerjakan saat ini masih jauh dari kesan hebat, malah biasa atau engga ada apa-apanya ketika gue melihat orang lain bisa mencapai taraf yang menurut gue maksimal. Mungkin sekilas gue sepertinya sedang iri dan Yang Maha Hebat itu engga suka dengan orang yang suka iri tapi gue yakin kalau Dia suka dengan orang yang bekerja dengan semangat dan maksimal dalam hal-hal yang baik dan yang sesuai apa yang Dia mau asalkan. Dan kalau rasa semangat yang menimbulkan efek kerja maksimal itu datangnya ketika melirik hasil kerja orang lain bukan menjadi suatu masalah, bukan? (yang mau bilang bukan ya engga apa-apa, engga bakal ditimpuk, paling digaplok :p)

Gue baru saja melihat blog temen gue, kakak kelas gue pas SMA tepatnya dan it's cool, mannnnn!!! Kalau penasaran segimana keren dan goblognya -sesuai nama blognya-, kalian bisa intip di sini http://goblognyakia.blogspot.com/. Cool-nya dimana? Yaaa di kekonyolan cerita, tampilan blog yang elegant-simple, content-nya yang berisi bobot bibit bebet bubut babat (opooo tooohhh><) alias modal buat ketawa tanpa bayar tapi isi tetap ada mutunya, dan kreatif, emang yang punya tuh blog anak sekolah desain sih, hahaha. Mulai dari situ gue merasa engga boleh cepet puas dengan blog alakadar gue ini dan belajar juga berusaha pastinya pake doa juga untuk memaksimalkan yang alakadar ini menjadi superkadar (apa itu? ga ngerti juga --a). Untuk mencapai titik maksimal itu pastinya juga perlu yang namanya PROSES. Oleh karena itu, kita butuh stok kesabaran sekardus-kardus buat ngejalanin yang satu itu. Proses itu termasuk cara apa yang bakal gue lakukan untuk mencapai target blog ideal dan sudah pasti praktisnya dengan mengintip-intip blognya para superior blogger, juga dengan lebih meningkatkan mutu produk tapi tetap dengan kekhasan dan keorijinalan saya (emang apa khasnya? apa ya? *garuk-garuk dengkul*). Bukan hanya dalam hal blog-ngeblog tapi juga dalam berbagai bidang di hidup gue yang lain kayak studi, hobi, pelayanan, dkk lah. Ibaratnya nih kepuasan itu kayak ngupil, harus digali terus lebih dalam untuk mendapat hasil yang maksimal. Jadi, jangan cepet puas sama yang sedang atau sudah lo dapetin atau jalanin sekarang karena siapa tau itu belum hasil maksimal dari kapasitas kemampuan maksimal dalam diri lo. So, keep learning! Keep maximizing! Keep ngupil! --d


Thanks for reading!
Gbu :)

Comments

Popular posts from this blog

Seragam SMA = Baju Jojon

Postingan Galau

Demam Itazura na Kiss, Mischievous Kiss: Love in Tokyo