Area Pintar dalam Bus Kota

Yipppppiiiieeeee!!!!!! jerit gue kayak mbak-mas bancai di camanlawang yang abis menang arisan begitu gue buka blog dan blognya bisa dibuka (hahahhahaha *ketawa bancai*). Jadi gini, kemaren tuh sempet www.blogger.com ga bisa dibuka, lagi maintenance gitu (yang artinya? kalo kata kamus sih pemeliharaan gitu. Emang selama ini blogger melihara hewan apa? he? --a) alhasil gue harus menahan keinginan untuk menelurkan ide di kepala ke jerami entri baru (kok jadi berbau hewan gini ya? hedeeehh) dan menetaskan ide itu malam ini. So, postingan hari ini kudunya dipost-in kemarin tapi it doesn't matter (artinya si enyak beli kaen semeter), blogging must go on! (~^,^)~ (langsung nari hawai).

Well, kemarin harapan gue terkabulkan kalau gue habis melewati hari Jumat yang luarBIASA, yaitu nganterin Ibu kontrol jantung di RS Harapan Kita, Jakarta Pusat. Akhirnya gue merasa seperti ayam jago lepas dari kurungan (hewan lagi =_______='), gue bisa melihat suasana di luar rumah dan melepas bosan mengudara pergi. Seperti biasanya gue dan Ibu naik bus kota kalau ke sana. Selama perjalanan, gue menemukan banyak keuntungan juga berpergian dengan bus kota yang dari tampilannya sudah mengerikan, keneknya teriak-teriak, ngomel-ngomel terus kalau lagi cari penumpang (padahal memang karena orang Batak), panas pula boro-boro mengharap AC (Air Conditioner) beneran, AC (Angin Cepoi-cepoi) bo'ongan juga jarang-jarang saking sumpeknya kalau lagi penuh penumpang. Nah di balik suramnya bus kota itu, ternyata dirasa-rasa bus kota juga memberikan keuntungan, area pintar.

Sepenglihatan gue, di dalem bus kota para penumpang melakukan kesibukannya masing-masing. Ada yang sibuk dengan Blackberry-nya (kebanyakan penumpang yang gue lihat kemaren, hengponnya begituan), sibuk pake headset sambil goyang-goyang kepala, sibuk ngerumpi, sibuk mimpi, sibuk teriak-teriak juga ada (ya abang keneknya itu tadi), sementara gue sendiri memilih untuk membaca buku (sok kutu buku? tidak sama sekali sodara-sodara). Kebetulan kemaren gue dan Ibu dapet posisi duduk yang pas mantap (waaa iklan!). Kita duduk di bangku depan, sayap kiri, samping pintu keluar, jadi kalau ada yang semena-mena dan songong tinggal ditendang gedebuk bye-bye aja. Di posisi duduk yang pas itu, sesuai rencana gue, gue niat untuk baca buku selama di dalem bus. Seperti yang gue bilang kalau gue bukannya mau sok kutu buku tapi mau sok kayak orang yang suka baca gitu (sama aja dong =_______='), bukan ding, tapi gue emang niat untuk baca karena dari kemaren-kemaren selama gue mendekam di rumah gue engga pernah berhasil baca berhalaman-halaman, selalu aja ngantuk, so gue mau mencoba alternatif baru, baca di bus kota (Aha! iklan lagi! ><)

Dari pengalaman-pengalaman gue membaca di angkutan umum, entah kenapa gue menikmati banget membaca di dalem angkutan umum ketimbang baca di rumah dan ternyata baca di bus kota juga lebih nikmat. Selain gue berhasil membaca berhalaman-halaman, gue juga mendapat fasilitas free live music! (excited!).
Yap! Keberadaan pengamen bus kota itu terkadang menyenangkan juga loh selama kita beruntung mendapati pengamen yang yaaaa suaranya ga nusuk-nusuk telingalah, yang kelihatannya 'niat' nyanyi ga cuma komat-kamit kayak maskoki mabok gitu. Beruntungnya gue kemarin gitu, gue dapet free live music dari musisi-musisi jalanan tersebut dari yang nyanyinya cuma bermodal gitar, kecrekan beras, sampai biola, biola lohhhhh!!!!! >< Ternyata pengamen jalanan makin kreatif, kalau gini kan yang ngasih duit juga engga rugi-rugi banget (hehehe). Suara merekapun enak didengar, jadi si pengamen itu bernyanyi, saya membaca, dan Ibu saya yang memberi uang (teteup ga mau rugi! -__-'). Gue juga menyarankan temen-temen semua untuk membaca di bus kota karena keuntungan yang kedua. Orang yang hobi banget baca sekalipun pasti juga punya titik bosan membaca kan, saat mata sudah bosan dan eneg mantengin tulisan terus, di saat itu lah kita butuh penyegaran mata. Nah enaknya baca di bus kota adalah kita bisa penyegaran mata yang lebih variatif. Jadi saat mata sudah jenuh dan lelah membaca, kita bisa berhenti membaca pastinya, dan mengedarkan pandangan ke sekeliling kita, pilihan pemandangan terserah kalian sesuai dengan selera masing-masing, gue sendiri suka memerhatikan gaya berpakaian anak muda jadi gue liat-liat aja cara berpakaian penumpang lain (asal egga dengan mata nantangin tawuran loh ya), terus bisa juga melihat keluar jendela kan lumayan kalau bisa liat yang seger-seger (awowo mahasiswa atau orang kantoran gitu. haha capcay dech!), ngeliatin apapun itu lah entah mobil, orang, pohon, kalau lucky juga bisa aja kita ga sengaja ngeliat aksi si pencopet yang suka mepet-mepet itu. Me'lihat-lihat' juga bisa disambi dengan memijat-mijat mata agar urat-urat di mata bisa lebih relax (emang mata ada uratnya? soktoy ayam soktoy babat). Setelah aksi me'lihat-lihat' dan mata sudah terasa lebih segar, kita bisa melanjutkan membaca isi buku, tapi ingat jangan sampe lupa tujuan ya, ntar keasyikkan baca lupa turun lagi. Oh iya, hal-hal yang gue ceritakan di atas diperuntukan untuk kalian yang dapat tempat duduk ya, kalo pas berdiri mending jagain tas rapat-rapat.

Seperti itulah hal yang gue dapati kemarin dimana gue seperti menemukan area pintar dalam bus kota, apalagi kalau memang tempat yang mau kita tuju itu jauh jadi kita bisa berlama-lama menikmati area pintar itu hanya dengar membayar 2000 jauh-dekat. Postingan ini juga gue saranin untuk temen-temen yang mengalami kesulitan baca, bukan buta huruf tapi karena emang kalau baca kelamaan bisa menimbulkan sindrom ngantuk-coy-inget-kasur seperti yang gue sendiri alami, so ini bisa jadi alternatif buat 'masalah' membaca kalian tersebut dan buat yang hobi baca juga semoga ini bisa jadi rekomendasi suasana baca baru yang menyenangkan. Well, jadi kalo di bus kota ga perlu lagi buang-buang tenaga untuk ngeluh panas, bau, macet karena emang kondisiya gitu, daripada ngeluh-ngeluh syalalalala itu mending baca di area pintar (promosi banget berasa agen promosi bus kota. Hadiri dan nikmati kenyamanan dalam bus kota kami (alis naik-turun, senyum memikat))
Thanks for reading, ya! ^^ Gbu :)

Comments

Popular posts from this blog

Seragam SMA = Baju Jojon

Postingan Galau

Dua Mimpi untuk Salatiga