Journalism is My First Love, Education is the True Love.

Jurnalistik adalah cinta pertama gue. Sebelum mengenalnya, seperti kebanyakan anak kecil suka membuat deretan cita-cita yang yaa lo tau sendiri gimana akhirnya, gue pun demikian dulu. Jurnalis masuk di dalam deretan cita-cita gue. Dulu, gue masih belum mengenal kata jurnalistik, yang gue tahu adalah menjadi penulis buku atau kerja (menulis) di majalah. Seiring melangkahnya waktu, cita-cita gue itu ternyata bagian di dalam bidang jurnalistik dan gue semakin jatuh cinta padanya. Lebaynya kayak gini, gue jatuh cinta padanya bahkan sebelum gue mengenalnya. Saik kan? Hahaha.



Gue semakin jatuh cinta pada jurnalistik semenjak Tuhan mempertemukan gue dengan banyak kesempatan untuk berkecimpung di dalamnya, meski belum terlalu dalam. Saat SMA dan kuliah, gue mulai sangat menikmati menulis yang diburu-buru, dikejar-kejar deadline, dan di bawah tekanan untuk segera terbit. Intinya sama, gue menikmati bekerja di bawah tekanan. You know why? Karena engga tau kenapa, para ide menawan itu selalu datang mepet deadline. Pada jurnalistik, semakin gue mengenalnya, semakin jatuh hati padanya. Ibarat cinta pertama. The first time you are wondering "is this love? whatever! I love you." and all you wanna do is being around your first love for it's the first time you know that you're falling in love.

However, life. It goes on. And, God. You can't predict what God have for you. Sama seperti manusia pada umumnya, semakin bertambah usia, gue bertemu dengan banyak hal baru, orang-orang baru, juga pengalaman-pengalaman baru. In this case, imagine that you just break up with your first love, but because that's the first love, who can win to forget it? Lalu, gue mulai mengenal bidang lain yang ternyata tidak kalah menarik dengan jurnalistik, meskipun jurnalistik masih terbayang dan jejaknya berbekas di benak gue. Saiiiik. Bidang itu adalah pendidikan.


Untuk bidang yang satu ini, gue engga pernah memasukkannya di deretan cita-cita ababil gue. Tapi, kalau lo tau istilah "cinta karena terbiasa", I think that's what's happening between education and I. Secara gue terjerembab di fakultas Pendidikan dimana gue lebih menyukai pelajaran sastra-nya, gue mulai sedikit demi sedikit mengenal dunia pendidikan. Segala teori pendidikan yang sebagian besar gue lupa (tanpa sengaja), gue lahap di bangku kuliah. Sebagian tercerna dengan baik, sebagian lagi tersendat, karena saat itu gue emang kurang minat berkutat di dalamnya. Namun, apa yang sudah dimulai harus diselesaikan, bukan? It's like you find a cute foe and unexpectedly fall in love with him. Gue pun mulai menyukainya.

Perjalanan cinta gue pada pendidikan tidak berhenti pada "pencekokan" materi-materi kuliah, tapi terlebih pada sebuah fakta yang terdengar seperti jerit tangis di telinga gue. Fakta dimana pendidikan di Indonesia ini masih memprihatinkan. Gue engga menyoroti bagian dalamnya Pendidikan, bahkan bagian permukaan pendidikan Indonesia masih memprihatinkan. Kualitas dan fasilitas pendidikan yang belum merata di berbagai pelosok Indonesia, kemiskinan yang berdampak pada banyak anak terpaksa tidak bisa sekolah bahkan beberapa jika ditanya lebih memilih "bekerja" ketimbang sekolah, belum lagi kemerosotan moral anak-anak sekolah di beberapa tempat, dan lain-lain. That's knocking my heart, that's calling me. Lalu, melihat semua itu, apa gue harus pura-pura gak lihat? mendengar semua itu, apa gue harus pura-pura engga denger? I found that education is my vision, my true love. Does it sound bullsh*t? Everyone may judge, but I don't care, I love it, my true love. Are you wondering what I have done for it? Well, I say, not yet, hmm... or in processing.

Gue yang saat itu seperti bayi yang baru terlahir di dunia bekerja pun masih bingung menentukan langkah. Dan, dengan berani (ukuran gue), memilih bekerja di dunia pendidikan bermodal cita-cita di bangku kuliah untuk memberi sumbangsih pada dunia pendidikan Indonesia, tapi entah apa rencana Tuhan, it isn't that easy to be a teacher and I think I wanna give up. Meskipun demikian, setiap kesempatan yang gue temui gue yakini bukanlah kebetulan, paling tidak menjadi pembelajaran.


Sempat gue berpikir mimpi gue di dunia pendidikan terlalu tinggi hingga gue menyederhanakannya dengan mendidik setiap anak yang Tuhan percayakan ke gue dengan baik dan mengenalkan mereka pada Tuhan sejak dini. Dan, ternyata itu pun tidak sesederhana kelihatannya. Namun, I keep setting it 5 cm afar from my forehead, so I keep trying my best with God's help to do it. Sampai sekarang, gue masih berharap dan berdoa bisa menuntaskan, apabila terlalu mustahil, ikut ambil bagian untuk mendidik anak-anak yang belum bersekolah karena tidak ada pilihan. May it doesn't sound great, but do come true. That's why I admit that education is my true love. That involves heart, prayers, time, passion, and most of all is God, to love and work for it. Because love is a verb, a continuous verb, education is my true love. 

I put my vision on God's hand for I'm just a tool and He is The Creator. God who is activating me for the things He wants me to do. May it doesn't sound great, but do come true.

Comments

  1. Bekerja di bawah tekanan, kadang nggak ngenakin tapi entah kenapa selalu aja ternyata kita bisa nyelesein dan semakin merasa tertantang haha

    btw, keren deh berjuang di dunia pendidikan.. dulu waktu kuliah gue mikirnya kalo ngajar anak orang mau masa bodo aja deh... ternyata sekarang gue malah nggak tega, kasian orang tuanya punya harapan anaknya bisa pinter.. makanya gue nggak bisa seenaknya.. jadi guru bebannya gede ya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. astaga Bang Edotz mampir, makasih yak, maaf baru reply.
      betul, betul, memanjakan adrenalin banget kerja di bawah tekanan. hahaha.

      thank you, lo juga keren bang dgn cara original lo ngajar. iya, jadi guru itu panggilan, bukan sekedar pekerjaan, karena menurut gue ini kerjaan paling riskan, karena kita berhubungan langsung dengan banyak manusia (anak-anak, orangtua murid, dan rekan2 kerja), belum lagi administrasinya. kerja sama mesin, lo bisa cuek dan pukul mesinnya kalo udah kesel banget. tapi, kalo guru? bener, jadi guru bebannya gede banget. tetap semangat untuk pendidikan Indonesia ya, kita! :D

      Delete

Post a Comment

monggo komentar membangunnya. saya dengan senang hati akan membaca dan membalasnya. :) makasih juga sudah melipir ke blog saya, jangan jera-jera untuk datang kembali, ya, hehehe. God bless you :).

Popular posts from this blog

Seragam SMA = Baju Jojon

Postingan Galau

Dua Mimpi untuk Salatiga