Sate Kuah Grogol Enaknya Afdol!

Membangunkan blog yang sementara mati suri dengan postingan tentang makanan itu serasa pilihan yang tepat. Biasanya kalau udah nyium bau makanan enak dan makanan enak itu dilambai-lambaikan dengan gratis, orang akan menghentikan aktivitasnya demi meraih makanan enak tersebut. Jadi, berharap dengan melambaikan makanan dalam postingan ini, blog gue bisa menghentikan mati surinya. Ah, tunggu! Nampaknya horor kalau menggunakan istilah "mati suri," oke diganti "hibernasi" aja. So, sudah waktunya bangun, blog. Ayo, cari nafkah! *ehh*

Yak, tentang makanan ya. Sebagai blogger yang pengertian, gue ingetin, jangan sampe ngiler di blog ini yak! Baru aja gue pel nih. Iya, kakak. Nah, gitu dong, kalo gitu kan kamu jadi makin cakep. :3 *lempar (KAIN) gombal*


Beberapa waktu lalu, gue baru aja secara tidak sengaja mencicipi sebuah makanan yang endang marindang di pojokan Grogol. Iya sih, Grogol emang luas. Ehm, pokoknya makanan ini ada di pinggir jalan arah kalo mau ke LIA Grogol. Lebih tepatnya, penjajak makanan ini nongkrong sebelum LIA Grogol kalau dari arah lampu merah. Pokoknya, cari aja gerobak dengan spanduk gede kayak di poto di atas itu, hehehe. Nah loh, semoga gue memberi petunjuk jalan yang benar, tapi makanan yang satu ini setau gue sih satu-satunya di daerah Grogol soalnya belom pernah liat gerobak yang menjajakan judul makanan yang sama, selain yang gue hampiri beberapa waktu lalu itu.

Langsung aja gue pamerin nama makanannya ya. Dia adalah seperti judul postingan ini: SATE KUAH GROGOL. Gimana? Enak kan? Oh, belom gue beberin rasanya ding. Jadi, ini adalah kali pertama gue nemu makanan dengan judul ini dan ternyata NAGIH.

Seperti judulnya, komposisi makanan ini adalah sate dan kuah. Agak kontradiksi ya komposisinya. Tapi, ternyata yang kontradiksi-kontradiksi begini enak juga. Pertanyaannya adalah kontradiksi itu apaan? Oke, abaikan. Ya, sate kuah ini sebenarnya evolusi dari SOTO. Jadi, kuah beserta racikan bumbunya nampaknya sama dengan soto yang dijual juga oleh bapak penjualnya ini, tapi bedanya adalah kalau soto, dagingnya dimasak jadi satu dengan kuah; nah kalau sate kuah, dagingnya dibakar dulu persis sate, setelah dibakar baru deh dicampur sama kuahnya, dan tadaaaaaaaaaaa jadilah SATE KUAH.

Saat pertama kali sate kuah menempel di lidah gue rasanya ya seperti makan sate pake kuah soto. Tapi, enak aja gitu, seperti memberi pembaharuan dari rasa soto yang gitu-gitu aja, jadi ada sensasi rasa arangnya gitu berasa lagi main debus (main? -____-"). Ga ding, satenya ga sampe gosong kok, karena gosong kan ga sehat. Satenya hanya dibakar seperlunya aja. Cobain deh, pokoknya sate kuah ini breakthrough-nya soto. Makanan anti-mainstream nih, haha.

Nah, sekarang soal harga. Alah, gak usah jadi persoalan. Sate kuah ini ramah dikantong. Cukup dengan harga engga sampe 20.000, kita udah bisa menikmati semangkuk sate kuah, beserta nasi dan teh hangat. Ramah kan?


Sayang disayang, dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan. Kekurangan dari makanan kaki lima ini adalah kurang digratisin! ehh, bukan, bukan, kurang nyaman tempatnya maksud gue. Yah, yang namanya makanan kaki lima di Grogol pasti harus merelakan diri makan sambil sesekali ngehirup polusi jalanan Grogol, tapi tetep nikmat sih sebenernya. Tapi, yaaa ada bebauan yang rada ga sedap juga sih yang berasal dari kotoran-kotoran di tanah. Makanya, gue saranin pilihlah tempat duduk yang strategis kalo pas makan di lapak bapaknya ini. Ada kok spot yang bebauan itu gak sampe tercium, selama spot itu belom ditempatin orang lain :P. Tapi, jangan khawatir, bapak ini bersih kok ngeracik masakannya, karena gerobak beserta barang-barang di dalamnya engga berantakan, jadi bisa terlihat kalau masakannya higenis, ya meski mungkin engga se-higenis masakan rumah.


Meskipun begitu, sate kuah ini tetap gue rekomendasikan buat yang hobi icip-icip alias kulineran. Wisata kuliner sejati itu engga ada batasnya, jadi siap nyobain makanan apapun, dari yang level restoran sampe level trotoar. Gaya banget ya gue. Biarin deh, yang penting promosi sate kuah, padahal gue bukan anaknya tukang sate kuah, ah sudahlah!

Oh iya, waktu itu gue nyicipin sate kuah bareng Ibu pas perut kita lagi berada di puncak kelaparan yang amat teramat. Mangkok gue sampe bersih loh, karena kuahnya enak banget, Ibu aja minta dibanyakin kuahnya pas mau bungkus untuk dijadikan buah tangan.

So, kalo pas di Grogol, mampirlah ke sate kuah ini dijamin enaknya afdol! :D

Comments

  1. wah kalo ke grogol kayaknya recomended nih, mau cobain sate yg gak gosong, hehehe kayaknya bakarnya diolesin sunblock

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahha ada kok sate yg gak gosong. jadi dibakarnya gak sampe item-item pait gt, nem. soalnya kalo gosong kan ada gas2 yg berbahaya buat kesehatan.

      Delete
  2. Ntar gue coba sendiri. Beli sate pas di rumah masak soto #lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahhaha jatohnya malah lebih mahal, jog. udah daripada repot, mending beli sate kuah grogol aja. #salessatekuah haha

      Delete
  3. itu sate kuah, gue kirain soto ? apa bedanya sama soto ? di sini gakada yg jual begituan dehh, uuu cedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda, yam. pan udah gw tulis bedanya gmn. haha. jd kalo kuahnya kayak kuah soto, tp dagingnya dibakar dulu kayak sate. abis dibakar baru deh digabung sama kuah soto. yah, yaudah terbang sih ke jkt, demi sate kuah, yam. :p

      Delete
  4. ruarrr biasa soto juga bisa evolusi...rotasi juga nggak kakaaaaak???
    *lopikirinipelajaranips? lopikirinibumi???
    *maapkakakmemangadekyangsalah

    ah, pingin banget yaaak, gue sekarang lagi jatuh hati sama lontong sayur nih Ray pengganti tahu campurrrr...behehehe..kapan kapan gue liput juga ahh..hehehe
    lo di daerah Grogol yak Ray??? yuk kapan ketemuan sama guweeeh....

    kakak sempetin ngeblog dong kakak janga ngurusin sama temen yang pacaran-dan-mau-segera-nikah mulu, ntar pingin loh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku di karawaci, meyk. tp kalo pulang ke rumah lewat grogol. hehe. ayook kapan2 yook, kontak2 aja meyk kalo mau hengooot. :D

      haha diusahain nengokin blog meyk :D

      Delete
  5. maknyus top markotop nih kayaknya. sayang jauh di Grogol. belum pernah tau juga jenis makanan ini. kalo di banyuwangi ada tuh namanya rujak soto. jadi rujak yang disiram pake kuah soto. sama2 kontradiksinya kan, tapi mantep!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh rujak soto??? penasaran penampakannya kayak gimana, lang. bikin postingannya dongs, lang. :D

      Delete
  6. Bagus baget yah kamu, moto makanannya close up gituh -______- kasian kan ini keyboard rada basah ketetesan sesuatu :p

    ReplyDelete
  7. Sate kuah ya, mantab tuh kayaknya. Mungkin ini juga menarik untuk dikunjungi http://jualmantel.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. enak banget tuh kelihatannya! lezatnya sampe bikin mulut ngeces air liur dah! wahahahah!


    Gratis ongkir minimal belanja 90ribu

    https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=1.3293&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fevents3%2Fcode%2F1217187002%2F%3Fsmtt%3D1.3293

    ReplyDelete

Post a Comment

monggo komentar membangunnya. saya dengan senang hati akan membaca dan membalasnya. :) makasih juga sudah melipir ke blog saya, jangan jera-jera untuk datang kembali, ya, hehehe. God bless you :).

Popular posts from this blog

Seragam SMA = Baju Jojon

Postingan Galau

Dua Mimpi untuk Salatiga