kata seseorang di dalam cermin

"meski rasanya tidak menyenangkan, lebih baik membereskan dan membuang barang-barang yang tak terpakai saat pertama kali barang-barang itu diputuskan tidak dipakai lagi. karena rasa tidak menyenangkannya akan berlipat-lipat ganda jika barang-barang itu hanya dibiarkan atau ditimpuk dengan barang-barang lainnya, sebab kau akan lebih kerepotan membereskannya jika sudah menumpuk banyak.


sama seperti masalah hati, luka, rasa tidak senang, tersinggung, dendam, iri, dan masalah hati lainnya, bereskan itu semua sejak pertama kali mereka hadir di hatimu. jangan dibiarkan menumpuk dengan perasaan-perasaan negatif lainnya, karena membereskan hati yang penuh dengan tumpukan perasaan negatif akan lebih menyakitkan dan merepotkan. jadi, sayangilah dirimu sendiri, sayangilah hatimu sendiri. selesaikan masalah-masalah hati itu sejak pertama kali ia datang, jangan ditunda.

jika masalah-masalah hati itu bersangkutan dengan orang lain. mulailah berdoa agar diberikan Tuhan kekuatan untuk memaafkan atau meminta maaf. lalu, datangi orang yang bersangkutan, sampaikan apa yang kamu rasakan dengan tenang dan baik-baik. hal itu akan meringankan hatimu, membantu hatimu membereskan perasaan-perasaan yang tidak perlu dan tidak penting berada di sana. lalu, milikilah hati yang merdeka dari perasaan-perasaan yang tidak perlu."


terinspirasi dari prosesi mengosongkan kamar kost.

Comments

Popular posts from this blog

Seragam SMA = Baju Jojon

Postingan Galau

Dua Mimpi untuk Salatiga